Melalui Tell-U Career, Telkom University Cetak Lulusan Siap Kerja

Melalui Tell-U Career, Telkom University Cetak Lulusan Siap Kerja

16 January, 2017

Tidak banyak perguraan tinggi di Indonesia yang mempersiapkan mahasiswanya masuk ke dunia kerja. Melalui salah satu unitnya yang dibentuk sejak 2013, Tell-U Career, Telkom University mempersiapkan mahasiswanya satu tahun sebelum lulus dan satu tahun setelah mereka lulus. Tell-U Career merupakan layanan karir bagi mahasiswa tingkat akhir dan calon lulusan Telkom University. Unit ini didirikan untuk membantu para calon lulusan agar siap memasuki dunia kerja dan mendapatkan informasi dari perusahaan – perusahaan. Adapun beberapa layanan yang diberikan antara lain informasi lowongan kerja, job expo, campus recruitment, seminar persiapan dunia kerja, company visit, bimbingan karir, dan lain-lain. Tell-U Career diharapkan dapat menjadi penghubung antara lulusan dan perusahaan sehingga lulusan dapat cepat terserap di dunia industri.

img_9064

“Setahun sebelum lulus, para mahasiswa kami persiapkan untuk masuk ke dunia kerja mulai dari pelatihan, informasi lowongan kerja, dan lain-lain. Lalu satu tahun setelah mereka lulus, kami monitor juga mereka sudah bekerja dimana dan sebagai apa. 60% lulusan Telkom University bekerja di industri telekomunikasi dan infrastuktur telekomunikasi dan, 20% bekerja di financial banking, 10% bekerja di manufaktur, dan sisanya di industri lain,” ujar Ama Suyanto, Vice Rector of Admission & International Partnership Telkom University.

Untuk mendekatkan diri kepada industri, ada 2 acara tahunan yang diadakan oleh Telkom University yaitu industrial gathering and best employer, dan human resource summit. Tujuan dari acara industrial gathering and best employer adalah berawal dari konsep dasar triple helix yaitu hubungan antara akademi, bisnis, pemerintah. Namun, Telkom University ingin mengembangkan lagi dengan menambahkan 2 hubungan dengan komunitas dan media yang disebut dengan pentahelix. Pertemuan ini adalah salah satu wadah untuk menghubungkan akademik dan bisnis dan juga sebagai bentuk apresisasi dari Telkom University sebagai akademisi.

Acara yang sudah 2 kali diselenggarakan ini memberikan penghargaan bagi perusahaan yang secara aktif merekrut lulusan Telkom University, perusahaan yang memberikan masukan kepada Telkom University mengenai apa yang harus ditambahkan dalam kurikulum agar lulusannya makin berkualitas. Terakhir, perusahaan yang aktif dalam kegiatan bootcamp yaitu kegiatan dimana perusahaan datang ke kampus untuk memberikan soft skill kepada para mahasiswa.

Acara lainnya, yaitu human resource summit yang mengumpulkan para praktisi human resource untuk mengetahui seperti apa kebutuhan tenaga kerja di masing-masing industri dan mengetahui apa yang diharapkan industri dari para lulusan universitas

Sumber http://swa.co.id/swa/trends/management/melalui-tell-u-career-telkom-university-cetak-lulusan-siap-kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *